Ilmu-ilmu yang berhubungan dengan Interaksi Manusia Komputer diantaranya:
1. Antropologi
Antropologi adalah salah satu cabang
ilmu social yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis
tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan
orang-orang eropa yang melihat cirri-ciri fisik, adat istiadat, budaya
yang berbeda dari apa yang dikenal di eropa. Didalam interaksi manusia
komputer antropologi membahas tentang interaksi antara kerja, dan
organisasi. Seperti diketahui, interaksi sangat dipengaruhi oleh
teknologi yang digunakan (misalnya dalam sebuah perusahaan). Di lain
sisi antropologi juga memberikan pandangan mendalam tentang cara kerja
berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan
kontribusi sesuai dengan bidang masing-masing.
2. Linguistik
Komunikasi manusia-komputer secara
definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa
itu merupakan bahasa natural yaitu suatu bahasa berbasis perintah
tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis.
Ilmu bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya
bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu
komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari
dialog-dialog manusia-komputer.
3. Sosiologi
Sosiologi dikenal sebagai ilmu
pengetahuan tentang masyarakat. Sosiologi dalam konteks Interaksi
Manusia Komputer dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem
manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
4. Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediaka teknologi kerangka
kerja untuk desain sistem pakar manusia komputer. Karena berbicara
mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas
dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat
keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem
aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan
bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi manusia
komputer.
5. Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada
aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung ssuatu fakta
data antropomentrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja
dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek
fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
6. Psikologi
Psikologi merupakan perilaku dan
kognitif yang dikonsentrasikan dengan pemahaman perilaku manusia,
persepsi, proses kognitif ,keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan
model proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat
ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia. Di dalam
interaksi manusia komputer psikologi yang dibahas adalah tentang
penerapan proses teori proses kognitif dan analisis empiris tentang
prilaku pengguna. Setiap pengguna mempunyai sifat yang berbeda satu
dengan yang lainnya sehingga perancang sistem interaksi manusia-komputer
juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami
bagaimna apengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya,
menggunakan persepsi dan pengolahankognitif serta ketrampilan motorik
yang dimiikinya agar dapat menjodohkan mesin dengan manusia untuk
mendapatkan kerja sama yang serasi. Psikologi eksperimental menyediakan
dasar teknik evaluasi formal untuk mengukur unjuk kerja dan opini
terhadap sistem manusia-komputer.
7. Perancangan Grafis
Perancangan grafis disini berfungsi
sebagai memberi dasar dalam mendesain interface, karena keahlian
merancang ggrafik menjadi salah satu kunci penting untuk menunjang
keberhasilan sistem manusia-komputer, karena antar muka yang disusun
dapat menjadi lebih luwes.
8. Tipografi
Tipografi merupakan suatu ilmu dalam
memilih dan menata huruf dalam pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang
yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat
menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal
mungkin.
9. Artificial Intelegence
Artificial Intelegence memberi pengetahuan dan metode dalam pengembangan sistem pakar yang dilengkapi interface cerdas.
10. Ilmu komputer
Ilmu komputer disini membahas
tentangperancangan aplikasi dan rekayasa atau perancangan antarmuka
untuk dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Dalam hal ini
menyangkut pemilihan program bantu pendukung, bahasa pemrograman, teknik
pemrograman serta bidang ilmu komputer lain seperti pengolahan bahasa
alami, struktur data, basis data, dan lain-lain.
11. Perancangan Industri
Ilmu ini membahas tentnag produk-produk
interaktif. Dengan semakin berkembangnya teknologi layar tampilan,
penggunaan layar sentuh menjadi semakin populer. Penggunaan layar
sentuh, beserta teknologi dibelakangnya telah menjadi bahan kajian yang
menarik.
Lebih
lanjut , dari sudut pandang ilmu komputer, disiplin ilmu yang
disebutkan diatas dapat menjadi semacam pendukung interaksi manusia
komputer, seperti halnya fisika menjadi pendukung disiplin teknik sipil,
atau teknik mesin yang menjadi pendukung robotika. Pelajaran yang dapat
dipetik dari disiplin keteknikan adalah bahwa perancangan selalu
mempunyai konteks dan optimisasi yang terlalu sempit dari satu bagian
dalam perancangan tersebbut akan dianggap tidak sah pada konteks yang
lebih luas. Dengan demikian, dari sudut pandang ilmu komputer secara
langsung, adalah perlu untuk membahas interaksi mausia komputer secara
luas untuk memberikan bekal kepada kita yang ingin mempelajari komputer
lebih jauh agar terhindar dari kelemahan klasik yang memisahkan antara
rancangan dengan konteks
0 komentar:
Posting Komentar